Kelompok Tani

KELOMPOK TANI

Kelompok Tani karangdowo, kumpulan petani / peternak / pekebun desa karangdowo yang di bentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kondisi,lingkungan ( sosial, ekonomi, sumber daya ) dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota.
Kelompok Tani akan membentuk komunitas petani dalam rangka mempermudah pengadaan sarana produksi pertanian seperti bibit, pupuk dan obat-obatan didesa karangdowo. dengan adanya Kelompok Tani biaya pengadaan sarana produksi pertanian dapat di tanggung bersama dan dalam kelompok tani memiliki kekuatan untuk menentukan harga hasil pertanian.

FUNGSI

Fungsi dari kelompok tani desa karangdowo

  • Membantu petani desa karangdowo dalam mengelola lahan di bidang perkebunan dan pertanian serta menyukseskan ¬†program pemerintah dalam bidang pertanian dan perkebunan dalam rangka meningkatkan kehidupan bangsa Indonesia dan masyarakat¬† karangdowo pada umumnya.
  • Sebagai wadah berhimpun bagi masyarakat karangdowo yang tergabung dalam kelompok tani untuk melaksanakan koordinasi dan konsultasi serta komunikasi antar petani
  • Mewujudkan cita-cita petani desa karangdowo dalam memperoleh akses bantuan dan layanan di bidang pertanian dan perkebunan.
  • Memberikan pelatihan kepada petani karangdowo setempat mengenai cara budidaya tanaman yang tepat dan cara pengembangannya.