Berita

PPS Karangdowo Mengadakan Forum Sosialisai Warga Untuk Pencermatan DPS

karangdowo-bjn.desa.id – dalam rangka memvalidkan data pemilih dalam Pilkada serentak 27 Juni 2018 PPS Karangdowo mengadakan forum sosialisasi warga untuk pencermatan Data Pemilih Sementara (DPS) pada minggu, 01-04-2018.

“Foto Mazzainul Khamid arsip PPS Karangdowo.”

Forum tersebut dihadiri oleh PPS dan sekretariat PPS, PPDP, PPL, Kepala Desa beserta perangkatnya dan seluruh ketua RW dan RT Desa Karangdowo.

Semu yang hadir dalam forum pencermatan DPS itu meneliti pemilih yang belum terdaftar, meninggal dunia, pindah domisili, ganda dan pembetulan data lainnya. (*/ach)

Kunjungan Kasi Humas Polsek Sumberrejo ke Tokoh Agama Karangdowo

karangdowo-bjn.desa.id – Kasi Humas Polsek Sumberrejo Aiptu Sutaji berkunjung pada Jum’at 16-03-2018 ke para tokoh masyarakat dan tokoh agama karangdowo untuk memberikan pembinaan.

Para tokoh yang dikunjungi diantaranya Kiyai Sahid, Kiyai Misbahul Khoiron dan Ketua LMD Drs. Kasuri serta di rumah Suparman Wakil Ketua BPD, karena waktu yang terbatas beliau tidak bisa mengunjungi semua tomasy karangdowo.

Dalam pembinaan tersebut disampaikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan ketertiban masyarakat menjelang Pilkada.

Disampaikan pula oleh Kasi Humas Polsek Sumberrejo tentang menyikapi media sosial saat ini dan menyikapi berita hoax serta agar Tomasy dan Toga di karangdowo juga ikut memberikan binaan terhadap para pemuda di Desa Karangdowo.(*/Ach Istijam)

Pembangunan Jembatan Karangdowo Masuk di Usulan Musrenbangcam

karangdowo-bjn.desa.id – Pembangunan jembatan Desa Karangdowo masuk dalam usulan Musrenbang Kecamatan Sumberrejo yang keberadaanya telah disurvey oleh petugas kecamatan bersama Dinas Pekerjaan Umum Bojonegoro pada senin, 12/03/2018.

foto_ach, saat survey jembatan karangdowo oleh Dinas PU Bojonegoro

Tiga jembatan terletak di atas Sungai Mekuris yang ada di Desa Karangdowo panjangnya rata 32 meter.

Pada Musrenbangdes (18/01/2018) beberapa usulan yang tidak bisa didanai oleh desa diusulkan ke tingkat kecamatan lewat aplikasi online musrenbang oleh Kaur Perencanaan Ahmad Nasrudin yang dipanggil akrab Mas Rudi

Kata Mas Rudi “Usulan sudah saya masukkan lengkap di aplikasi musrenbang online dari tiga bidang usulan yakni sarana prasarana, ekonomi dan sosial”(*/Ach.Istijam)

Normalisasi Sungai di Desa Karangdowo Telah Dimulai

Photografer by Ach

Karangdowo-bjn.desa.id – Proyek normalisasi sungai yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Desa Karangdowo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro sudah dimulai sejak pertengahan Februari 2018

Sebagai pelaksana proyek, PT. Brantas Abi Praya juga memberi pekerjaan warga sekitar untuk ikut bekerja di proyek tersebut.

Pembangunan sungai ini diharapkan nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat agar tertata rapi dan melancarkan air untuk mengairi sawah para petani.(*/Ach. Istijam)

Panen Raya Padi di Desa Karangdowo

Photografer by Ach

karangdowo-bjn.desa.id – Para petani yang tergabung dalam kelompok tani Suci Rahayu Desa Karangdowo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur sudah mulai panen raya sejak tanggal 05 Maret 2018.

Pada panen musim tanam I tahun 2018 ini para petani Desa Karangdowo sudah menggunakan alat dan mesin pertanian yang modern berupa mesin Combine.

Dengan didasari pengalaman dan sekolah lapang pertanian yang diadakan oleh Penyuluh Pertanian Kecamatan Sumberrejo tentang olah tanah yang baik, pemilihan bibit padi varietas unggul dan pemupukan yang berimbang para petani menuai hasil yang lebih baik dibandingkan dengan panen sebelumnya.(*/Ach. Istijam)

Penyelenggaraan Sewa Tanah Kas Desa Berjalan Mulus

karangdowo-bjn.desa.id – hari ini minggu (04/03/2018) penyelenggaraan sewa /lelang tanah kas desa karangdowo dilaksanakan oleh panitia yang beberapa hari kemarin kepanitiaanya dibentuk oleh Kepala Desa.

Dalam penyelenggaraan sewa tanah kas desa ini hadir semua jajaran Pemerintah Desa Karangdowo dan semua warga yang ikut melelang gilir tanah/sawah kas desa yang sebelumnya sudah ditentukan dalam musyawarah di lingkungan RT setempat, hal tersebut sesuai tata tertib sewa/lelang tanah kas desa yang dibuat panitia.

Photografer by Rudy

Dalam sewa tanah kas desa ini ada 61 petak sawah yang dilelang gilir dengan harga sesuai luas dan kelas sawah yang sebelumnya sudah ditentukan oleh Pemerintah Desa Karangdowo yang dimusyawarahkan dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Sewa sawah gilir yang dilaksanakan setiap tahun sekali atau tiga kali musim tanam itu hasilnya akan dimasukan dalam APBDes untuk penyelengaraan pemerintah desa dan pembangunan desa.

Warga RT.01 sampai RT.18 yang mendapatkan lelang sawah gilir mereka antusias menghadiri lelang tersebut, dengan menandatangani surat pernyataan diatas kertas bermaterai mereka sanggup membayar sesuai harga dan batas waktu yang ditentukan oleh panitia.

Post_Ach

Anak Paud RA Islamiyah Karangdowo melakukan Pembelajaran Pengenalan Profesi

Demi melatih mental dan keberanian anak Kepala Raudlatul Athfal (RA) dan semua guru bersama anak didiknya pada hari ini Rabu (14-02-2018) melakukan kunjungan dan pengenalan Perangkat Desa Karangdowo dan tupoksinya. Acara tersebut mengambil judul “Pembelajaran Anak dengan Tema Pekerjaan/Profesi”

Antusias anak-anak sangatlah bersemangat datang dan mengikuti kunjungan di Kantor Balai Desa Karangdowo.
Demi melatih daya ingat anak Kepala Desa Karangdowo beserta perangkatnya memberikan doorprize di penghujung acara. Adapun kuis tersebut sangatlah simpel dan sederhana cukup dengan mengingat nama dan jabatan semua perangkat yang ada di Desa Karangdowo, banyak yang angkat tangan serta maju kedepan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan hadiah yang tidak begitu banyak tapi kebersamaan dan keberanianlah yang anak-anak dapat dari kunjungan tersebut.

Post_ach_minan

Sinau Bareng Penatausahaan Desa di Desa Karangdowo

Hari ini Minggu (11-02-2018) Balai Desa Karangdowo ditempati sinau bareng yang membahas tentang Penatausahaan Desa dan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). dalam acara ini hadir dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Sumberrejo dan Kecamatan Kanor (Desa Sedeng & Desa Caruban).

Kedatangan para peserta disambut oleh beberapa Perangkat Desa Karangdowo, Nur Elva Herlina (Sekdes) Mamo’ Abdul Rohman (Kaur Keuangan), Khafidz Alassad (Kasi Pemerintahan) dan Ahmad Nasrudin (Kaur Perencanaan).

Pokok bahasan pada acara ini yaitu membahas bagaimana cara membuat Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang benar yang nantinya akan dimasukkan kedalam aplikasi Siskeudes.

Kaur Keuangan Desa Karangdowo menjelaskan bahwa sinau bareng ini diharapkan agar perangkat desa dapat bekerja profesional dalam mengelola keuangan desa. Sekdes Karangdowo juga menuturkan ada lima tahapan dalam pengelolaan keuangan desa yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. semua itu tidak akan bisa tanpa ada kemauan belajar atau sinau bareng seperti yang dilaksanakan hari ini.

Post_ach

Guyub Rukun Kerja Bakti di Dusun Karangtengah

Suasana guyub rukun kerja bakti masih bisa kita temui di Dusun Karangtengah tepatnya pada hari ini Jum’at, 09 Pebruari 2018, ada 50 warga Dusun Karangtengah yang dikoordinir oleh Mundakir (Kepala Dusun) dan Drs. Suratni (Ketua RW) mengerjakan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT).

Dalam kerja bakti tersebut turut hadir juga Bapak Sukri selaku Babinsa Desa Karangdowo yang memberi motivasi warga untuk sadar bergotong royong dan hidup dalam kerukunan.

Kasun Mundakir menuturkan Jalan Usaha tersebut diharapkan akan mempermudah akses jalan ke sawah petani sebagai cikal bakal petani menuju makmur dan sejahtera.

Post_ach

10 Hari ke-2 PPDP Melaporkan Coklit Data Pemilih ke Sekretariat PPS

Hari ini Kamis, 18 Pebruari 2018 pukul 13.00 s/d. 17.00 Wib. enam (6) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Desa Karangdowo melaporkan hasil pencoklitannya yang ke dua kalinya ke Sekretariat PPS.

Laporan PPDP tersebut diterima oleh PPS Karangdowo Sdr. Yusuf, S.Ag, Moch. Tamyis, S.Pd dan Mazzainul Kamid serta Sekretariat PPS (Ach. Istijam, Soeprapto dan Mamo’ Abdul Rohman).

Ketua PPS Karangdowo, Yusuf, S.Ag menuturkan hasil coklit data dari PPDP nantinya akan jadi dasar atas validnya data pemilih di Pilkada yang akan diselenggarakan pada 27 juni 2018

Enam Petugas Pemutakhiran Data yang melaporkan yaitu sdr. :
1. Mundakir
2. Suratman, S.Pd
3. Porwadi, S.Pd
4. Moetair, S.Pd
5. Hadi Ismanto, S.Pd
6. Sutajid, S.Pd

Salah satu PPDP TPS 5 (Lima) Hadi Ismanto, S.Pd saat kami temui menuturkan sampai hari ini saya sudah mendatangi 70% dari data yang ada di TPS 5 (Lima) untuk mendata dan memasang stiker dan dari data tersebut ditemukan ada 6 orang pemilih baru, 8 orang yang sudah pindah domisili dan 8 orang yang sudah meninggal dunia serta beberapa yang ubah data dari belum nikah menjadi sudah nikah.

Dari laporan keenam PPDP tersebut anggota PPS Desa Karangdowo akan merevisi dan mengudate data pemilih yang akan diajukan ke PPK dan dijadikan DPS sampai DPT di Pilkada nantinya.

Post_ach